Kalau Anda ingin berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan sekiranya Anda berharap melakukannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga mesti mempunyai gagasan yang terang perihal apa yang harus diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek adalah pelaksanaan menjadikan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk taktik merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk yaitu jantung dari tiap-tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling pantas dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu menghasilkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap setia pada skor-nilai inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga merupakan unsur penting dalam branding, sebab bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda wajib mempertimbangkan berapa banyak yang berharap Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta jenis pelanggan apa yang berharap Anda tarik (ialah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan sebagainya.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk seluruh variasi pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yaitu Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek mesti bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Elemen terlebih dalam menghasilkan merek yang sukses ialah memastikan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan kemauan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan memaksimalkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda menonjol dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Sistem Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah terutama yaitu mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dilakukan dengan mempertimbangkan tujuan dan target yang terang, memaksimalkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten situs laman, dan sebagainya.).
Kecuali itu, pastikan segala produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda walaupun mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Memecahkan Kesenjangan Merek Ada beberapa metode untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun relasi dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda patut memberikan layanan berkwalitas tinggi dan merespon dengan kencang tiap-tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga semestinya mengambil langkah-langkah untuk memutuskan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan melaksanakan ini, Anda akan menghasilkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana malahan.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem menjualnya. Kecuali itu, penting juga untuk menetapkan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mengikuti tutorial ini, Anda akan memiliki kans besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.