Jika Anda berkeinginan sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan seandainya Anda ingin melakukannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui seputar metode kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga patut memiliki gagasan yang jelas seputar apa yang seharusnya diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek adalah pelaksanaan menghasilkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini perihal memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk merupakan jantung dari tiap-tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling layak dengan kebutuhan audiens target Anda. Anda perlu mewujudkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap loyal pada skor-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan elemen penting dalam branding, karena bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda semestinya memutuskan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta macam pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lainnya.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk segala ragam pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek wajib dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Elemen lebih-lebih dalam mewujudkan merek yang sukses yakni memutuskan bahwa produk memenuhi keperluan dan harapan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengoptimalkan strategi produk yang bagus. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda kelihatan dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas perbuatan mereka. - Cara Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah khususnya yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dikerjakan dengan menetapkan tujuan dan sasaran yang terang, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten website website, dll.).
Selain itu, pastikan seluruh produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda padahal mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menuntaskan Kesenjangan Merek Ada sebagian sistem untuk memecahkan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun kekerabatan dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda sepatutnya memberikan layanan bermutu tinggi dan merespon dengan cepat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga harus mengambil langkah-langkah untuk memutuskan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan menjadikan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek amat penting bagi perusahaan mana malah.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara menjualnya. Kecuali itu, penting juga untuk memutuskan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan meniru tutorial ini, Anda akan mempunyai peluang besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.