Kalau Anda mau sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda berkeinginan melaksanakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal tentang cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga patut memiliki gagasan yang terang perihal apa yang seharusnya diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Taktik merek adalah pengerjaan menjadikan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini perihal memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang efektif:
– Strategi produk Produk yaitu jantung dari tiap-tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling layak dengan kebutuhan audiens sasaran Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten setia pada skor-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga merupakan elemen penting dalam branding, sebab dapat menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda wajib memutuskan berapa banyak yang berkeinginan Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta macam pelanggan apa yang ingin Anda tarik (adalah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lainnya.).
Selain itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk semua macam pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek sepatutnya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Elemen khususnya dalam menciptakan merek yang berhasil yaitu memutuskan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengembangkan strategi produk yang baik. Anda juga perlu menjadikan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda terlihat dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas perbuatan mereka. - Metode Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, tetapi salah satu langkah secara khusus merupakan mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilakukan dengan memutuskan tujuan dan sasaran yang jelas, memaksimalkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten web laman, dan lain-lain.).
Selain itu, pastikan seluruh produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda walaupun mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk tradisi perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Memecahkan Kesenjangan Merek Ada beberapa metode untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menghasilkan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun hubungan dengan pelanggan utama melalui media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda patut memberikan layanan berkualitas tinggi dan merespon dengan pesat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga sepatutnya mengambil langkah-langkah untuk menetapkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan melaksanakan ini, Anda akan menciptakan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana pun.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem menjualnya. Selain itu, penting juga untuk menentukan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mengikuti tutorial ini, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.