Apabila Anda berkeinginan sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda berkeinginan melakukannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal tentang cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga semestinya memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang patut diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek ialah proses menjadikan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang efektif:
– Strategi produk Produk yaitu jantung dari tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling cocok dengan keperluan audiens sasaran Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada skor-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan elemen penting dalam branding, sebab bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda seharusnya menentukan berapa banyak yang berkeinginan Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta tipe pelanggan apa yang mau Anda tarik (merupakan, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan sebagainya.).
Selain itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk segala macam pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek adalah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek wajib dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Faktor terlebih dalam menghasilkan merek yang sukses adalah menentukan bahwa produk memenuhi keperluan dan harapan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan memaksimalkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda kelihatan dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas perbuatan mereka. - Cara Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk mewujudkan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah terlebih merupakan mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dilaksanakan dengan memutuskan tujuan dan sasaran yang terang, memaksimalkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten situs situs, dsb.).
Kecuali itu, pastikan segala produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda padahal mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang mengamati perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kultur perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menuntaskan Kesenjangan Merek Ada beberapa sistem untuk memecahkan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menghasilkan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun kekerabatan dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda harus memberikan layanan berkwalitas tinggi dan menanggapi dengan kencang tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga seharusnya mengambil langkah-langkah untuk menentukan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan melakukan ini, Anda akan menjadikan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana malah.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan metode memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan mempunyai kesempatan besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.