Bila Anda mau berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan seandainya Anda berkeinginan melaksanakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga semestinya memiliki gagasan yang jelas perihal apa yang harus diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek ialah pelaksanaan menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk taktik merek yang efektif:
– Strategi produk Produk merupakan jantung dari tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling layak dengan keperluan audiens sasaran Anda. Anda perlu menjadikan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten setia pada skor-nilai inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga yaitu faktor penting dalam branding, sebab bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda seharusnya memastikan berapa banyak yang berharap Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta jenis pelanggan apa yang ingin Anda tarik (yakni, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dll.).
Selain itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk semua macam pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek merupakan Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek mesti bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Faktor terlebih dalam menjadikan merek yang berhasil merupakan menetapkan bahwa produk memenuhi keperluan dan harapan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan mengoptimalkan taktik produk yang baik. Anda juga perlu menciptakan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda nampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Sistem Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, melainkan salah satu langkah terutama adalah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan memastikan tujuan dan sasaran yang terang, memaksimalkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten situs laman, dll.).
Kecuali itu, pastikan segala produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda meski mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kultur perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada beberapa sistem untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menciptakan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun hubungan dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda sepatutnya memberikan layanan bermutu tinggi dan menanggapi dengan cepat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga harus mengambil langkah-langkah untuk menentukan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan mengerjakan ini, Anda akan mewujudkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana malahan.
Saat merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mencontoh tutorial ini, Anda akan mempunyai peluang besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.