Jikalau Anda berharap berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan apabila Anda ingin mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal tentang cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga harus mempunyai gagasan yang terang perihal apa yang seharusnya diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Petunjuk penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek yaitu pengerjaan menghasilkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini perihal memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Strategi produk Produk merupakan jantung dari tiap-tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling pantas dengan keperluan audiens sasaran Anda. Anda perlu mewujudkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap loyal pada poin-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan faktor penting dalam branding, karena dapat membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda patut menetapkan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang mau Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk segala jenis pelanggan – bukan hanya mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek merupakan Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek patut dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Faktor secara khusus dalam menjadikan merek yang berhasil ialah menetapkan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan kemauan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengembangkan taktik produk yang baik. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda menonjol dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas perbuatan mereka. - Metode Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah terpenting yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dikerjakan dengan mempertimbangkan tujuan dan sasaran yang terang, mengoptimalkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten website situs, dan lain-lain.).
Selain itu, pastikan seluruh produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda padahal mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang memandang perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada beberapa cara untuk mengatasi kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang menarik, dan
- menjadikan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun kekerabatan dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda patut memberikan layanan berkualitas tinggi dan merespon dengan cepat setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga wajib mengambil langkah-langkah untuk memutuskan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan melaksanakan ini, Anda akan menjadikan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana pun.
Saat merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem menjualnya. Kecuali itu, penting juga untuk menentukan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mencontoh panduan ini, Anda akan memiliki kans besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.