Kalau Anda berkeinginan sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan apabila Anda berharap mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui perihal cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga wajib mempunyai gagasan yang terang perihal apa yang seharusnya diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Petunjuk penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Strategi merek adalah pelaksanaan mewujudkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang efektif:
– Strategi produk Produk yaitu jantung dari tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling pantas dengan kebutuhan audiens target Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten setia pada skor-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan elemen penting dalam branding, karena bisa menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda harus menentukan berapa banyak yang ingin Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta jenis pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (adalah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lain-lain.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk segala tipe pelanggan – bukan cuma mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek ialah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek sepatutnya bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Unsur terutamanya dalam menjadikan merek yang sukses ialah menentukan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk mengerjakan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan memaksimalkan strategi produk yang bagus. Anda juga perlu menciptakan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda nampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Metode Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah terutama yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dikerjakan dengan memutuskan tujuan dan target yang jelas, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten laman website, dsb.).
Selain itu, pastikan seluruh produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda walaupun mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk adat istiadat perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Cara Mengatasi Kesenjangan Merek Ada beberapa sistem untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menjadikan kredibilitas melalui iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun relasi dengan pelanggan utama via media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda seharusnya memberikan layanan berkualitas tinggi dan merespon dengan kencang setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga mesti mengambil langkah-langkah untuk menentukan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan menjadikan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana bahkan.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan meniru panduan ini, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.