Kalau Anda ingin berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda berharap mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang sistem kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga wajib memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang harus diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Taktik merek ialah cara kerja menghasilkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Strategi produk Produk ialah jantung dari setiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan audiens sasaran Anda. Anda perlu menghasilkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten setia pada poin-nilai inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan unsur penting dalam branding, sebab bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda harus menentukan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta tipe pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (merupakan, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk segala ragam pelanggan – bukan hanya mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yaitu Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek seharusnya bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Elemen terpenting dalam menciptakan merek yang berhasil yakni memutuskan bahwa produk memenuhi keperluan dan harapan pelanggan. Untuk mengerjakan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengembangkan strategi produk yang bagus. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda kelihatan dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas tindakan mereka. - Sistem Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, tetapi salah satu langkah terpenting merupakan mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dikerjakan dengan memastikan tujuan dan target yang terang, mengembangkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten laman web, dll.).
Kecuali itu, pastikan seluruh produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda sedangkan mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk budaya perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Memecahkan Kesenjangan Merek Ada sebagian cara untuk memecahkan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun kekerabatan dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda semestinya memberikan layanan berkwalitas tinggi dan merespon dengan pesat setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga wajib mengambil langkah-langkah untuk mempertimbangkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan mengerjakan ini, Anda akan menghasilkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek sangat penting bagi perusahaan mana bahkan.
Saat merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara menjualnya. Kecuali itu, penting juga untuk memastikan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan meniru panduan ini, Anda akan memiliki peluang besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.