Jika Anda mau sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan jika Anda ingin mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal seputar sistem kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga sepatutnya memiliki gagasan yang jelas perihal apa yang semestinya diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek yakni cara kerja mewujudkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang efektif:
– Taktik produk Produk merupakan jantung dari setiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling cocok dengan kebutuhan audiens sasaran Anda. Anda perlu menghasilkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada nilai-nilai inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan unsur penting dalam branding, karena bisa menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda wajib memastikan berapa banyak yang berharap Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang mau Anda tarik (merupakan, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk segala variasi pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek wajib bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Unsur terlebih dalam menjadikan merek yang berhasil yakni mempertimbangkan bahwa produk memenuhi keperluan dan harapan pelanggan. Untuk melaksanakan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan memaksimalkan strategi produk yang bagus. Anda juga perlu menciptakan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda tampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas perbuatan mereka. - Cara Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, melainkan salah satu langkah secara khusus yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan menentukan tujuan dan target yang jelas, mengoptimalkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten web laman, dan lain-lain.).
Selain itu, pastikan seluruh produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meski mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada sebagian metode untuk mengatasi kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas lewat iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun hubungan dengan pelanggan utama via media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda seharusnya memberikan layanan berkwalitas tinggi dan merespon dengan cepat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga semestinya mengambil langkah-langkah untuk menetapkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan mengerjakan ini, Anda akan menjadikan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana pun.
Saat merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan meniru panduan ini, Anda akan mempunyai peluang besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.