Sekiranya Anda ingin berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan sekiranya Anda berharap melakukannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang sistem kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga harus memiliki gagasan yang jelas seputar apa yang wajib diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek yaitu pelaksanaan mewujudkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk adalah jantung dari setiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling cocok dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap setia pada nilai-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga adalah faktor penting dalam branding, karena dapat membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda semestinya memutuskan berapa banyak yang berharap Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta tipe pelanggan apa yang berharap Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dll.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk segala tipe pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek patut bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Faktor terpenting dalam menghasilkan merek yang sukses merupakan memutuskan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan kemauan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan mengembangkan strategi produk yang baik. Anda juga perlu mewujudkan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda menonjol dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas perbuatan mereka. - Cara Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, tapi salah satu langkah khususnya yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dikerjakan dengan memutuskan tujuan dan target yang terang, memaksimalkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten web laman, dan lain-lain.).
Selain itu, pastikan segala produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meski mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang memandang perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk tradisi perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada beberapa metode untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menciptakan kredibilitas lewat iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun relasi dengan pelanggan utama via media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda sepatutnya memberikan layanan bermutu tinggi dan merespon dengan pesat setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga semestinya mengambil langkah-langkah untuk menentukan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan melakukan ini, Anda akan menciptakan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana pun.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem memasarkannya. Kecuali itu, penting juga untuk menentukan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan meniru panduan ini, Anda akan memiliki kans besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.