Jikalau Anda berharap berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan sekiranya Anda mau melaksanakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal seputar sistem kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga wajib memiliki gagasan yang terang seputar apa yang sepatutnya diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Petunjuk penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Strategi merek adalah cara kerja menghasilkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada sebagian aspek kunci untuk taktik merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk yakni jantung dari tiap-tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling layak dengan keperluan audiens sasaran Anda. Anda perlu menjadikan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada skor-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga adalah elemen penting dalam branding, sebab bisa menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda wajib menentukan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta jenis pelanggan apa yang mau Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dll.).
Selain itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk semua variasi pelanggan – bukan cuma mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek sepatutnya bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Elemen khususnya dalam menciptakan merek yang sukses merupakan menentukan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan memaksimalkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda nampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas perbuatan mereka. - Sistem Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, tapi salah satu langkah lebih-lebih adalah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dijalankan dengan memastikan tujuan dan sasaran yang terang, memaksimalkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten situs website, dll.).
Kecuali itu, pastikan semua produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda sedangkan mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk budaya perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada sebagian cara untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun hubungan dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda wajib memberikan layanan bermutu tinggi dan merespon dengan pesat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga semestinya mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan melakukan ini, Anda akan mewujudkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana malah.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mencontoh tutorial ini, Anda akan mempunyai kesempatan besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.