Kalau Anda berkeinginan berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan apabila Anda berharap menjalankannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui seputar sistem kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga mesti mempunyai gagasan yang jelas tentang apa yang seharusnya diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Tanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek merupakan pengerjaan mewujudkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang efektif:
– Taktik produk Produk yakni jantung dari setiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling layak dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu mewujudkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap loyal pada skor-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga ialah faktor penting dalam branding, sebab bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda harus memutuskan berapa banyak yang berharap Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (yakni, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dll.).
Selain itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk semua macam pelanggan – bukan cuma mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek merupakan Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek seharusnya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Elemen lebih-lebih dalam menciptakan merek yang berhasil merupakan mempertimbangkan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengoptimalkan strategi produk yang baik. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda menonjol dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Sistem Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, tapi salah satu langkah terutamanya yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilakukan dengan memutuskan tujuan dan sasaran yang jelas, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten website situs, dll.).
Kecuali itu, pastikan semua produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meski mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk adat istiadat perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada beberapa sistem untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menciptakan kredibilitas lewat iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun relasi dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda seharusnya memberikan layanan bermutu tinggi dan merespon dengan kencang tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga wajib mengambil langkah-langkah untuk mempertimbangkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan mengerjakan ini, Anda akan menjadikan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek sangat penting bagi perusahaan mana malah.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem menjualnya. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan meniru panduan ini, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.