Bila Anda ingin berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan sekiranya Anda ingin mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga seharusnya memiliki gagasan yang terang perihal apa yang mesti diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Petunjuk penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek yakni pelaksanaan menjadikan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Strategi produk Produk yakni jantung dari setiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling layak dengan kebutuhan audiens target Anda. Anda perlu mewujudkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada poin-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga ialah faktor penting dalam branding, sebab dapat menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda patut menentukan berapa banyak yang ingin Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta jenis pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (adalah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dll.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk segala jenis pelanggan – bukan hanya mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek adalah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek seharusnya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Unsur terpenting dalam mewujudkan merek yang sukses yaitu memastikan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan kemauan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan memaksimalkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu mewujudkan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda kelihatan dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas tindakan mereka. - Cara Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah terutamanya yaitu mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan mempertimbangkan tujuan dan sasaran yang terang, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman laman, dll.).
Selain itu, pastikan seluruh produk Anda diberi merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda sedangkan mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang mengamati perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk tradisi perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Menuntaskan Kesenjangan Merek Ada beberapa cara untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menjadikan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun hubungan dengan pelanggan utama via media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda wajib memberikan layanan bermutu tinggi dan merespon dengan kencang tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga seharusnya mengambil langkah-langkah untuk menentukan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan menciptakan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana pun.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mengikuti tutorial ini, Anda akan mempunyai peluang besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.