Seandainya Anda berkeinginan sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan kalau Anda berharap melakukannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga harus mempunyai gagasan yang terang seputar apa yang semestinya diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Petunjuk penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek ialah cara kerja menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini perihal memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang efektif:
– Strategi produk Produk merupakan jantung dari setiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan audiens target Anda. Anda perlu menjadikan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada skor-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga adalah elemen penting dalam branding, sebab bisa menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda sepatutnya mempertimbangkan berapa banyak yang berharap Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta variasi pelanggan apa yang ingin Anda tarik (ialah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dll.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk seluruh tipe pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yaitu Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek sepatutnya bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Elemen terutamanya dalam mewujudkan merek yang sukses yakni menetapkan bahwa produk memenuhi keperluan dan kemauan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengoptimalkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu mewujudkan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda menonjol dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas tindakan mereka. - Metode Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menciptakan identitas bagi perusahaan Anda, tetapi salah satu langkah terpenting adalah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan menentukan tujuan dan sasaran yang jelas, mengembangkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman situs, dan lainnya.).
Kecuali itu, pastikan seluruh produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meskipun mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada beberapa sistem untuk memecahkan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menciptakan kredibilitas melalui iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun kekerabatan dengan pelanggan utama via media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda harus memberikan layanan berkualitas tinggi dan menanggapi dengan pesat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga harus mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan melakukan ini, Anda akan menjadikan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana malahan.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan metode memasarkannya. Kecuali itu, penting juga untuk memastikan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mencontoh panduan ini, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.