Sekiranya Anda berharap berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan sekiranya Anda berkeinginan melaksanakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga harus mempunyai gagasan yang terang seputar apa yang seharusnya diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Tanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek adalah pelaksanaan menjadikan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk adalah jantung dari tiap-tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu mewujudkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada nilai-nilai inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga ialah elemen penting dalam branding, karena dapat membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda sepatutnya menentukan berapa banyak yang ingin Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta tipe pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (yakni, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dll.).
Selain itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk segala variasi pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek adalah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek sepatutnya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Unsur terutamanya dalam menghasilkan merek yang sukses yaitu menetapkan bahwa produk memenuhi keperluan dan keinginan pelanggan. Untuk melaksanakan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengoptimalkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu menjadikan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda terlihat dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Metode Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, melainkan salah satu langkah terpenting ialah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dikerjakan dengan memastikan tujuan dan sasaran yang terang, mengembangkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten web situs, dll.).
Kecuali itu, pastikan semua produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meski mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang mengamati perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Cara Menuntaskan Kesenjangan Merek Ada sebagian sistem untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menghasilkan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun hubungan dengan pelanggan utama via media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda patut memberikan layanan berkwalitas tinggi dan merespons dengan cepat setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga semestinya mengambil langkah-langkah untuk memutuskan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan melakukan ini, Anda akan mewujudkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana pun.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk menentukan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mencontoh panduan ini, Anda akan memiliki peluang besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.