Kalau Anda mau sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan seandainya Anda berharap melakukannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga seharusnya memiliki gagasan yang jelas perihal apa yang patut diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Petunjuk penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Strategi merek merupakan pelaksanaan mewujudkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Strategi produk Produk ialah jantung dari tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan audiens sasaran Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap loyal pada skor-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga merupakan faktor penting dalam branding, karena bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda mesti memastikan berapa banyak yang berkeinginan Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta macam pelanggan apa yang berharap Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk seluruh jenis pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek ialah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek sepatutnya bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Elemen terlebih dalam mewujudkan merek yang berhasil ialah mempertimbangkan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan mengembangkan strategi produk yang bagus. Anda juga perlu mewujudkan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda tampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Cara Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk menciptakan identitas bagi perusahaan Anda, tapi salah satu langkah lebih-lebih merupakan mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dijalankan dengan menentukan tujuan dan sasaran yang terang, mengoptimalkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman website, dan lain-lain.).
Selain itu, pastikan seluruh produk Anda diberi merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda meski mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang mengamati perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk budaya perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada sebagian sistem untuk memecahkan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menghasilkan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun relasi dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda mesti memberikan layanan berkualitas tinggi dan merespons dengan kencang tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga wajib mengambil langkah-langkah untuk memutuskan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan menciptakan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek amat penting bagi perusahaan mana malah.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan metode memasarkannya. Kecuali itu, penting juga untuk memutuskan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mencontoh panduan ini, Anda akan mempunyai kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.