Sekiranya Anda berharap sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan jika Anda mau melaksanakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal tentang sistem kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga sepatutnya mempunyai gagasan yang jelas perihal apa yang patut diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek yaitu cara kerja menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini perihal memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang efektif:
– Strategi produk Produk ialah jantung dari setiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan keperluan audiens sasaran Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten setia pada poin-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga adalah unsur penting dalam branding, sebab dapat menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda harus menentukan berapa banyak yang berkeinginan Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta jenis pelanggan apa yang berharap Anda tarik (merupakan, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lainnya.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk segala variasi pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek ialah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek harus bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Unsur terutamanya dalam menciptakan merek yang berhasil yakni menentukan bahwa produk memenuhi keperluan dan harapan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengembangkan taktik produk yang baik. Anda juga perlu menciptakan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda nampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas perbuatan mereka. - Metode Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, tetapi salah satu langkah terlebih yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dijalankan dengan mempertimbangkan tujuan dan sasaran yang jelas, memaksimalkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman website, dll.).
Kecuali itu, pastikan segala produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meskipun mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang memandang perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk budaya perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Cara Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada beberapa metode untuk memecahkan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menjadikan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun kekerabatan dengan pelanggan utama via media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda sepatutnya memberikan layanan bermutu tinggi dan menanggapi dengan cepat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga patut mengambil langkah-langkah untuk menetapkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan mengerjakan ini, Anda akan menciptakan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek sangat penting bagi perusahaan mana pun.
Saat merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara menjualnya. Kecuali itu, penting juga untuk memastikan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan meniru panduan ini, Anda akan mempunyai kans besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.