Jika Anda berharap sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan seandainya Anda ingin mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga semestinya memiliki gagasan yang jelas perihal apa yang wajib diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Strategi merek merupakan progres menghasilkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang efektif:
– Strategi produk Produk merupakan jantung dari tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling layak dengan kebutuhan audiens sasaran Anda. Anda perlu menghasilkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap loyal pada nilai-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan elemen penting dalam branding, sebab bisa menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda harus memutuskan berapa banyak yang ingin Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta variasi pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (merupakan, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan sebagainya.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk semua macam pelanggan – bukan hanya mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek adalah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek mesti bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Unsur terutamanya dalam menjadikan merek yang sukses ialah mempertimbangkan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan kemauan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengembangkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu menjadikan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda nampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas tindakan mereka. - Sistem Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah khususnya yaitu mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dilaksanakan dengan menentukan tujuan dan sasaran yang terang, memaksimalkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten situs laman, dsb.).
Kecuali itu, pastikan semua produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda sedangkan mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kultur perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Cara Memecahkan Kesenjangan Merek Ada beberapa sistem untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun kekerabatan dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda sepatutnya memberikan layanan bermutu tinggi dan merespons dengan cepat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga harus mengambil langkah-langkah untuk mempertimbangkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan mewujudkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek amat penting bagi perusahaan mana malahan.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara menjualnya. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mencontoh panduan ini, Anda akan mempunyai peluang besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.