Kalau Anda ingin sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda berharap menjalankannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal perihal metode kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga wajib memiliki gagasan yang jelas perihal apa yang patut diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Tanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek yaitu cara kerja menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk yakni jantung dari tiap-tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling pantas dengan kebutuhan audiens target Anda. Anda perlu menghasilkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten setia pada poin-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa perihal pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga yaitu elemen penting dalam branding, sebab dapat membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda seharusnya mempertimbangkan berapa banyak yang ingin Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang mau Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dll.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk seluruh variasi pelanggan – bukan cuma mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek merupakan Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek sepatutnya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Unsur terlebih dalam menghasilkan merek yang sukses adalah mempertimbangkan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan mengembangkan strategi produk yang bagus. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda tampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas tindakan mereka. - Sistem Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk mewujudkan identitas bagi perusahaan Anda, tetapi salah satu langkah secara khusus yaitu mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dijalankan dengan memutuskan tujuan dan sasaran yang terang, mengoptimalkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten situs web, dan sebagainya.).
Kecuali itu, pastikan segala produk Anda diberi merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda sedangkan mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang mengamati perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Cara Menuntaskan Kesenjangan Merek Ada beberapa sistem untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas melalui iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun relasi dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda sepatutnya memberikan layanan bermutu tinggi dan merespon dengan cepat tiap-tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga semestinya mengambil langkah-langkah untuk menetapkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan melaksanakan ini, Anda akan menghasilkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek sungguh-sungguh penting bagi perusahaan mana pun.
Saat merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk menentukan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mencontoh tutorial ini, Anda akan mempunyai kesempatan besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.