Jikalau Anda mau sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda ingin melaksanakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang metode kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga mesti mempunyai gagasan yang jelas perihal apa yang sepatutnya diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek adalah pengerjaan menjadikan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada sebagian aspek kunci untuk taktik merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk yaitu jantung dari setiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan audiens sasaran Anda. Anda perlu menjadikan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap setia pada skor-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga yaitu unsur penting dalam branding, karena bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda seharusnya menentukan berapa banyak yang berharap Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta variasi pelanggan apa yang berharap Anda tarik (yakni, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk seluruh variasi pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek semestinya bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Unsur lebih-lebih dalam mewujudkan merek yang berhasil ialah menentukan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk melaksanakan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengembangkan taktik produk yang baik. Anda juga perlu menciptakan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda terlihat dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas tindakan mereka. - Sistem Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, melainkan salah satu langkah terlebih adalah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dikerjakan dengan memutuskan tujuan dan target yang terang, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman web, dan sebagainya.).
Kecuali itu, pastikan seluruh produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meskipun mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk adat istiadat perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Memecahkan Kesenjangan Merek Ada sebagian cara untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang menarik, dan
- menciptakan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun relasi dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda sepatutnya memberikan layanan bermutu tinggi dan merespons dengan pesat setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga wajib mengambil langkah-langkah untuk menetapkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan melakukan ini, Anda akan menciptakan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana pun.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem menjualnya. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mengikuti tutorial ini, Anda akan memiliki kans besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.