Apabila Anda berkeinginan berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan sekiranya Anda ingin melaksanakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga harus mempunyai gagasan yang terang tentang apa yang sepatutnya diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Taktik merek yaitu progres mewujudkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada sebagian aspek kunci untuk taktik merek yang tepat sasaran:
– Strategi produk Produk adalah jantung dari tiap-tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada poin-nilai inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa perihal pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga yakni elemen penting dalam branding, karena bisa menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda patut menetapkan berapa banyak yang berkeinginan Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (yakni, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk seluruh ragam pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek sepatutnya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Faktor terlebih dalam menjadikan merek yang sukses yaitu menetapkan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Untuk mengerjakan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan mengembangkan strategi produk yang baik. Anda juga perlu menjadikan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda tampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas tindakan mereka. - Metode Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, tapi salah satu langkah terlebih adalah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan menetapkan tujuan dan target yang terang, mengembangkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman web, dan lain-lain.).
Selain itu, pastikan seluruh produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda padahal mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menuntaskan Kesenjangan Merek Ada beberapa cara untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun hubungan dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda semestinya memberikan layanan bermutu tinggi dan merespon dengan cepat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga patut mengambil langkah-langkah untuk menetapkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan mengerjakan ini, Anda akan menciptakan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek sangat penting bagi perusahaan mana pun.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan metode menjualnya. Kecuali itu, penting juga untuk menetapkan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mencontoh panduan ini, Anda akan mempunyai kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.