Bila Anda berharap sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan kalau Anda berkeinginan melakukannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui perihal cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang mesti diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek merupakan cara kerja menghasilkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada beberapa aspek kunci untuk taktik merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk ialah jantung dari tiap-tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling cocok dengan kebutuhan audiens target Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten setia pada nilai-nilai inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa perihal pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga ialah unsur penting dalam branding, karena dapat membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda mesti mempertimbangkan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta macam pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (ialah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan sebagainya.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk seluruh macam pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek adalah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek seharusnya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Unsur terlebih dalam mewujudkan merek yang berhasil yaitu memutuskan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan kemauan pelanggan. Untuk melaksanakan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan mengoptimalkan strategi produk yang bagus. Anda juga perlu menjadikan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda tampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas perbuatan mereka. - Metode Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, tapi salah satu langkah secara khusus ialah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan memastikan tujuan dan sasaran yang jelas, memaksimalkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman laman, dan sebagainya.).
Selain itu, pastikan seluruh produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda padahal mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk tradisi perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Memecahkan Kesenjangan Merek Ada sebagian metode untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang menarik, dan
- menjadikan kredibilitas lewat iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun hubungan dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda harus memberikan layanan berkwalitas tinggi dan merespons dengan cepat setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga wajib mengambil langkah-langkah untuk menetapkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan melakukan ini, Anda akan mewujudkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek sungguh-sungguh penting bagi perusahaan mana pun.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk menentukan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mencontoh panduan ini, Anda akan memiliki kans besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.