Jikalau Anda berharap sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan seandainya Anda mau mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal tentang cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga seharusnya memiliki gagasan yang terang seputar apa yang wajib diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Petunjuk penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek yakni proses menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang efektif:
– Strategi produk Produk adalah jantung dari tiap-tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling pantas dengan kebutuhan audiens sasaran Anda. Anda perlu menjadikan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap setia pada poin-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa perihal pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan elemen penting dalam branding, sebab bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda wajib menetapkan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta jenis pelanggan apa yang ingin Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan sebagainya.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk semua jenis pelanggan – bukan hanya mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yaitu Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek mesti dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Faktor lebih-lebih dalam menghasilkan merek yang berhasil merupakan mempertimbangkan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan kemauan pelanggan. Untuk melaksanakan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengoptimalkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu mewujudkan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda menonjol dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas tindakan mereka. - Metode Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk mewujudkan identitas bagi perusahaan Anda, melainkan salah satu langkah khususnya merupakan mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilakukan dengan mempertimbangkan tujuan dan sasaran yang jelas, mengoptimalkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten website laman, dsb.).
Selain itu, pastikan semua produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda walaupun mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk budaya perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Cara Mengatasi Kesenjangan Merek Ada sebagian sistem untuk mengatasi kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun relasi dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda wajib memberikan layanan berkwalitas tinggi dan menanggapi dengan cepat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga mesti mengambil langkah-langkah untuk menetapkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan mewujudkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek sangat penting bagi perusahaan mana malah.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.