Kalau Anda berharap berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda mau menjalankannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga semestinya mempunyai gagasan yang terang perihal apa yang semestinya diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek yakni proses menghasilkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk yaitu jantung dari tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling layak dengan kebutuhan audiens sasaran Anda. Anda perlu mewujudkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada poin-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga yakni elemen penting dalam branding, sebab bisa menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda mesti menentukan berapa banyak yang ingin Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta jenis pelanggan apa yang ingin Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Selain itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk segala tipe pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek harus dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Faktor khususnya dalam menjadikan merek yang sukses yaitu memastikan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan memaksimalkan strategi produk yang baik. Anda juga perlu menciptakan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda terlihat dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas tindakan mereka. - Cara Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menciptakan identitas bagi perusahaan Anda, tetapi salah satu langkah terutamanya yaitu mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dijalankan dengan menentukan tujuan dan target yang terang, memaksimalkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten web web, dsb.).
Kecuali itu, pastikan semua produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meski mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada sebagian cara untuk mengatasi kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menjadikan kredibilitas lewat iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun kekerabatan dengan pelanggan utama via media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda sepatutnya memberikan layanan bermutu tinggi dan merespon dengan cepat setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga wajib mengambil langkah-langkah untuk menentukan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan mewujudkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek sangat penting bagi perusahaan mana pun.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem menjualnya. Selain itu, penting juga untuk menentukan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan meniru tutorial ini, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.