Seandainya Anda berkeinginan berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan sekiranya Anda berkeinginan mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal tentang metode kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga patut memiliki gagasan yang terang seputar apa yang patut diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek merupakan cara kerja menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Strategi produk Produk yaitu jantung dari tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling layak dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu mewujudkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada skor-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga adalah faktor penting dalam branding, karena bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda wajib memutuskan berapa banyak yang berharap Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta variasi pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (ialah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Selain itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk segala jenis pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek ialah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek seharusnya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Unsur terlebih dalam menghasilkan merek yang berhasil yakni menentukan bahwa produk memenuhi keperluan dan harapan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan memaksimalkan taktik produk yang baik. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda menonjol dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Sistem Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, tapi salah satu langkah lebih-lebih ialah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan memutuskan tujuan dan target yang jelas, memaksimalkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman website, dll.).
Kecuali itu, pastikan seluruh produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda padahal mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kultur perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Mengatasi Kesenjangan Merek Ada sebagian cara untuk memecahkan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menjadikan kredibilitas lewat iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun kekerabatan dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda patut memberikan layanan berkwalitas tinggi dan menanggapi dengan kencang tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga mesti mengambil langkah-langkah untuk mempertimbangkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan melakukan ini, Anda akan menciptakan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana malahan.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan metode memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk menentukan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan meniru tutorial ini, Anda akan memiliki kans besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.