Kalau Anda berkeinginan berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan sekiranya Anda berharap mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga patut memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang semestinya diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek yaitu cara kerja menghasilkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini perihal memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada beberapa aspek kunci untuk taktik merek yang efektif:
– Taktik produk Produk adalah jantung dari setiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling pantas dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada poin-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa perihal pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga ialah faktor penting dalam branding, sebab bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda mesti memastikan berapa banyak yang berharap Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta variasi pelanggan apa yang ingin Anda tarik (adalah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lain-lain.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk seluruh jenis pelanggan – bukan cuma mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yaitu Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek patut bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Elemen khususnya dalam menjadikan merek yang berhasil adalah memastikan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan mengembangkan strategi produk yang bagus. Anda juga perlu menjadikan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda terlihat dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Sistem Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah lebih-lebih yaitu mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dijalankan dengan menentukan tujuan dan sasaran yang terang, mengembangkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten situs web, dsb.).
Kecuali itu, pastikan semua produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meski mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kultur perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Memecahkan Kesenjangan Merek Ada beberapa metode untuk memecahkan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun hubungan dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda wajib memberikan layanan berkualitas tinggi dan menanggapi dengan pesat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga harus mengambil langkah-langkah untuk mempertimbangkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan mewujudkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana pun.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem menjualnya. Kecuali itu, penting juga untuk menetapkan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mencontoh panduan ini, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.