Bila Anda berkeinginan sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan apabila Anda ingin mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang metode kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga semestinya mempunyai gagasan yang jelas tentang apa yang harus diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Petunjuk penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Strategi merek adalah pelaksanaan menghasilkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk taktik merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk adalah jantung dari tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling layak dengan kebutuhan audiens sasaran Anda. Anda perlu mewujudkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten setia pada skor-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa perihal pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga yakni unsur penting dalam branding, sebab bisa menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda wajib memastikan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (ialah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lainnya.).
Selain itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk segala variasi pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek mesti dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Unsur terpenting dalam menjadikan merek yang sukses adalah memutuskan bahwa produk memenuhi keperluan dan kemauan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengembangkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu menciptakan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda kelihatan dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas tindakan mereka. - Sistem Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk mewujudkan identitas bagi perusahaan Anda, tapi salah satu langkah lebih-lebih yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan menentukan tujuan dan target yang terang, mengembangkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten website website, dan sebagainya.).
Selain itu, pastikan semua produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda walaupun mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang mengamati perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk budaya perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menuntaskan Kesenjangan Merek Ada sebagian sistem untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menciptakan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun kekerabatan dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda sepatutnya memberikan layanan berkualitas tinggi dan merespons dengan kencang tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga patut mengambil langkah-langkah untuk menetapkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan melaksanakan ini, Anda akan mewujudkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana malah.
Saat merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara memasarkannya. Kecuali itu, penting juga untuk menentukan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mencontoh panduan ini, Anda akan mempunyai kans besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.