Bila Anda berkeinginan berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda ingin menjalankannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal seputar sistem kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga seharusnya memiliki gagasan yang jelas seputar apa yang mesti diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek merupakan pelaksanaan menghasilkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk merupakan jantung dari setiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling cocok dengan kebutuhan audiens target Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada nilai-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa perihal pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga merupakan elemen penting dalam branding, karena dapat membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda sepatutnya mempertimbangkan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta macam pelanggan apa yang ingin Anda tarik (adalah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan sebagainya.).
Selain itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk seluruh variasi pelanggan – bukan hanya mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek ialah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek sepatutnya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Unsur terutama dalam menjadikan merek yang berhasil adalah memutuskan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan kemauan pelanggan. Untuk mengerjakan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan memaksimalkan taktik produk yang baik. Anda juga perlu menciptakan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda menonjol dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas tindakan mereka. - Sistem Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk mewujudkan identitas bagi perusahaan Anda, melainkan salah satu langkah terlebih yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan menetapkan tujuan dan target yang terang, mengembangkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman situs, dsb.).
Kecuali itu, pastikan seluruh produk Anda diberi merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda padahal mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Mengatasi Kesenjangan Merek Ada beberapa sistem untuk memecahkan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menjadikan kredibilitas lewat iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun relasi dengan pelanggan utama melalui media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda harus memberikan layanan bermutu tinggi dan merespon dengan cepat tiap-tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga harus mengambil langkah-langkah untuk mempertimbangkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan menghasilkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek sungguh-sungguh penting bagi perusahaan mana pun.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem menjualnya. Selain itu, penting juga untuk memutuskan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan mempunyai kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.