Kalau Anda ingin berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan kalau Anda mau menjalankannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui perihal metode kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga wajib mempunyai gagasan yang jelas tentang apa yang mesti diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek yaitu progres menghasilkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk adalah jantung dari tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan audiens target Anda. Anda perlu mewujudkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap setia pada poin-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan unsur penting dalam branding, sebab dapat membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda patut memutuskan berapa banyak yang berharap Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang berharap Anda tarik (yakni, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lain-lain.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk segala jenis pelanggan – bukan hanya mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek harus dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Faktor terutamanya dalam menciptakan merek yang berhasil adalah mempertimbangkan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan memaksimalkan strategi produk yang baik. Anda juga perlu menciptakan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda menonjol dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas tindakan mereka. - Sistem Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, melainkan salah satu langkah khususnya ialah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dijalankan dengan mempertimbangkan tujuan dan target yang jelas, mengoptimalkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten website web, dll.).
Selain itu, pastikan semua produk Anda diberi merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda walaupun mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Cara Memecahkan Kesenjangan Merek Ada sebagian cara untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang menarik, dan
- menjadikan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun relasi dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda mesti memberikan layanan berkwalitas tinggi dan menanggapi dengan kencang tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga semestinya mengambil langkah-langkah untuk mempertimbangkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan melaksanakan ini, Anda akan menjadikan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana pun.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan meniru panduan ini, Anda akan mempunyai kans besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.