Apabila Anda ingin sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan seandainya Anda ingin melakukannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga seharusnya mempunyai gagasan yang terang tentang apa yang harus diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Taktik merek merupakan pengerjaan mewujudkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini perihal memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang efektif:
– Strategi produk Produk merupakan jantung dari tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan audiens target Anda. Anda perlu menghasilkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap loyal pada poin-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa perihal pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga adalah faktor penting dalam branding, karena bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda seharusnya mempertimbangkan berapa banyak yang berkeinginan Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk semua macam pelanggan – bukan hanya mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek mesti bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Faktor terlebih dalam menciptakan merek yang berhasil merupakan mempertimbangkan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan kemauan pelanggan. Untuk melaksanakan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan memaksimalkan strategi produk yang baik. Anda juga perlu menjadikan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda menonjol dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas tindakan mereka. - Cara Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menciptakan identitas bagi perusahaan Anda, tapi salah satu langkah khususnya ialah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dilakukan dengan memutuskan tujuan dan target yang jelas, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman situs, dan lain-lain.).
Kecuali itu, pastikan segala produk Anda diberi merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda padahal mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang memandang perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Mengatasi Kesenjangan Merek Ada beberapa cara untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas melalui iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun relasi dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda wajib memberikan layanan berkwalitas tinggi dan merespon dengan kencang tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga patut mengambil langkah-langkah untuk memutuskan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan menghasilkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana malahan.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem menjualnya. Selain itu, penting juga untuk menetapkan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan meniru panduan ini, Anda akan mempunyai kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.