Apabila Anda berkeinginan sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan kalau Anda ingin melakukannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal tentang sistem kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga patut mempunyai gagasan yang terang tentang apa yang harus diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek yaitu proses menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini perihal memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk adalah jantung dari setiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling cocok dengan kebutuhan audiens sasaran Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada poin-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa perihal pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan unsur penting dalam branding, sebab bisa menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda mesti memastikan berapa banyak yang ingin Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang ingin Anda tarik (ialah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lainnya.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk segala jenis pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek ialah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek seharusnya bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Unsur khususnya dalam mewujudkan merek yang berhasil ialah memutuskan bahwa produk memenuhi keperluan dan keinginan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan mengembangkan strategi produk yang baik. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda nampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas tindakan mereka. - Sistem Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, melainkan salah satu langkah terlebih yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dijalankan dengan menentukan tujuan dan target yang jelas, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman situs, dan lainnya.).
Selain itu, pastikan segala produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda padahal mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk adat istiadat perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada sebagian cara untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menghasilkan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun kekerabatan dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda patut memberikan layanan berkualitas tinggi dan merespons dengan pesat tiap-tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga patut mengambil langkah-langkah untuk mempertimbangkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan melaksanakan ini, Anda akan menghasilkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek sungguh-sungguh penting bagi perusahaan mana malahan.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara menjualnya. Kecuali itu, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mencontoh panduan ini, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.