Jika Anda berharap berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda ingin menjalankannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang sistem kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga patut mempunyai gagasan yang jelas perihal apa yang harus diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Petunjuk penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Taktik merek yakni cara kerja mewujudkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Strategi produk Produk ialah jantung dari setiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan audiens sasaran Anda. Anda perlu menghasilkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap setia pada nilai-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga adalah elemen penting dalam branding, sebab dapat membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda wajib memutuskan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta variasi pelanggan apa yang berharap Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dll.).
Selain itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk segala variasi pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yaitu Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek mesti dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Unsur terutamanya dalam mewujudkan merek yang sukses yakni mempertimbangkan bahwa produk memenuhi keperluan dan kemauan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan memaksimalkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu menciptakan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda tampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Cara Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, melainkan salah satu langkah terlebih yaitu mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan memastikan tujuan dan sasaran yang terang, memaksimalkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten website situs, dsb.).
Selain itu, pastikan segala produk Anda diberi merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda sedangkan mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang mengamati perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk tradisi perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Mengatasi Kesenjangan Merek Ada sebagian sistem untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menciptakan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun relasi dengan pelanggan utama melalui media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda patut memberikan layanan berkualitas tinggi dan merespons dengan cepat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga seharusnya mengambil langkah-langkah untuk memutuskan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan melaksanakan ini, Anda akan menghasilkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek amat penting bagi perusahaan mana pun.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan meniru panduan ini, Anda akan mempunyai kans besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.