Sekiranya Anda berkeinginan sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan jikalau Anda berkeinginan melaksanakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal perihal sistem kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang harus diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek ialah proses mewujudkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini perihal memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Strategi produk Produk yaitu jantung dari tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling cocok dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu menjadikan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten setia pada skor-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga ialah unsur penting dalam branding, sebab bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda wajib memutuskan berapa banyak yang berkeinginan Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta variasi pelanggan apa yang mau Anda tarik (ialah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk seluruh ragam pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yaitu Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek mesti dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Elemen terutama dalam menghasilkan merek yang berhasil merupakan mempertimbangkan bahwa produk memenuhi keperluan dan harapan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan memaksimalkan strategi produk yang bagus. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda terlihat dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas tindakan mereka. - Sistem Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah lebih-lebih merupakan mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dijalankan dengan menetapkan tujuan dan target yang terang, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten situs laman, dan sebagainya.).
Kecuali itu, pastikan segala produk Anda diberi merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda meski mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kultur perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada sebagian metode untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menciptakan kredibilitas melalui iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun kekerabatan dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda mesti memberikan layanan berkualitas tinggi dan merespon dengan kencang setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga sepatutnya mengambil langkah-langkah untuk memutuskan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan mengerjakan ini, Anda akan menjadikan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek amat penting bagi perusahaan mana pun.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk memutuskan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan meniru panduan ini, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.