Seandainya Anda berkeinginan berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan apabila Anda mau menjalankannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal tentang cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga mesti memiliki gagasan yang jelas perihal apa yang patut diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek yaitu pengerjaan menghasilkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada sebagian aspek kunci untuk taktik merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk yaitu jantung dari tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan keperluan audiens sasaran Anda. Anda perlu menghasilkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada skor-nilai inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan unsur penting dalam branding, karena dapat membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda patut memutuskan berapa banyak yang ingin Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta variasi pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan sebagainya.).
Selain itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk segala variasi pelanggan – bukan hanya mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yaitu Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek patut bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Unsur terutama dalam menciptakan merek yang berhasil ialah menetapkan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengoptimalkan strategi produk yang bagus. Anda juga perlu menjadikan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda nampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Metode Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, tetapi salah satu langkah terlebih yaitu mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dilakukan dengan menentukan tujuan dan target yang terang, mengoptimalkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten laman situs, dan lain-lain.).
Selain itu, pastikan semua produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meskipun mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang memandang perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kultur perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menuntaskan Kesenjangan Merek Ada sebagian metode untuk mengatasi kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun relasi dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda semestinya memberikan layanan berkwalitas tinggi dan merespon dengan cepat tiap-tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga seharusnya mengambil langkah-langkah untuk memutuskan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan melaksanakan ini, Anda akan menghasilkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana malahan.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan metode memasarkannya. Kecuali itu, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mengikuti tutorial ini, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.