Seandainya Anda berharap sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan apabila Anda ingin menjalankannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga sepatutnya memiliki gagasan yang terang perihal apa yang semestinya diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Taktik merek adalah proses menjadikan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini perihal memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk taktik merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk yaitu jantung dari tiap-tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu menghasilkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada nilai-nilai inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga yakni faktor penting dalam branding, sebab dapat menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda patut menentukan berapa banyak yang ingin Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta jenis pelanggan apa yang ingin Anda tarik (ialah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan sebagainya.).
Selain itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk semua variasi pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek ialah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek wajib bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Unsur terpenting dalam menghasilkan merek yang berhasil adalah menentukan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan memaksimalkan taktik produk yang baik. Anda juga perlu menciptakan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda tampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas tindakan mereka. - Cara Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah terutamanya yaitu mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dilaksanakan dengan memutuskan tujuan dan target yang terang, mengembangkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman website, dan sebagainya.).
Selain itu, pastikan semua produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda padahal mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang mengamati perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kultur perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada beberapa sistem untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menjadikan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun hubungan dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda harus memberikan layanan berkwalitas tinggi dan merespons dengan cepat setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga seharusnya mengambil langkah-langkah untuk memutuskan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan melaksanakan ini, Anda akan menciptakan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana pun.
Saat merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem memasarkannya. Kecuali itu, penting juga untuk memutuskan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan mempunyai kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.