Kalau Anda berharap sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda berkeinginan melakukannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal tentang cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga seharusnya mempunyai gagasan yang jelas perihal apa yang mesti diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek yaitu pengerjaan mewujudkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada beberapa aspek kunci untuk taktik merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk yaitu jantung dari tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling pantas dengan keperluan audiens sasaran Anda. Anda perlu menjadikan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap loyal pada nilai-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa perihal pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan faktor penting dalam branding, sebab dapat membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda harus mempertimbangkan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta tipe pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lain-lain.).
Selain itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk semua tipe pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek wajib dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Faktor secara khusus dalam menghasilkan merek yang berhasil merupakan memutuskan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk melaksanakan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengembangkan taktik produk yang baik. Anda juga perlu menjadikan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda kelihatan dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas perbuatan mereka. - Cara Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, tetapi salah satu langkah khususnya yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilakukan dengan mempertimbangkan tujuan dan sasaran yang jelas, memaksimalkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten web laman, dan lainnya.).
Kecuali itu, pastikan segala produk Anda diberi merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda meskipun mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang mengamati perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk tradisi perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada beberapa metode untuk memecahkan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menciptakan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun hubungan dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda wajib memberikan layanan berkualitas tinggi dan merespons dengan kencang tiap-tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga sepatutnya mengambil langkah-langkah untuk menentukan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan mengerjakan ini, Anda akan mewujudkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek amat penting bagi perusahaan mana pun.
Saat merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan metode menjualnya. Kecuali itu, penting juga untuk menetapkan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan mempunyai kans besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.