Sekiranya Anda ingin sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda ingin menjalankannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal tentang sistem kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga sepatutnya mempunyai gagasan yang terang seputar apa yang wajib diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Tanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek merupakan proses menjadikan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada sebagian aspek kunci untuk taktik merek yang efektif:
– Strategi produk Produk merupakan jantung dari setiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu menjadikan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada nilai-nilai inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa perihal pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan faktor penting dalam branding, karena bisa menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda patut mempertimbangkan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang berharap Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk seluruh macam pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek merupakan Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek patut bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Unsur terpenting dalam menghasilkan merek yang berhasil yaitu memutuskan bahwa produk memenuhi keperluan dan kemauan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan mengembangkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu menjadikan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda nampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Sistem Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk mewujudkan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah lebih-lebih yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan memastikan tujuan dan sasaran yang terang, memaksimalkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten situs web, dan sebagainya.).
Selain itu, pastikan semua produk Anda diberi merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meskipun mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang memandang perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Cara Menuntaskan Kesenjangan Merek Ada sebagian sistem untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menciptakan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun hubungan dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda seharusnya memberikan layanan bermutu tinggi dan merespon dengan cepat setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga sepatutnya mengambil langkah-langkah untuk menentukan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan melakukan ini, Anda akan menjadikan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana malah.
Saat merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara menjualnya. Kecuali itu, penting juga untuk memutuskan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan mempunyai kans besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.