Bila Anda berharap berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda ingin melakukannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga semestinya memiliki gagasan yang jelas perihal apa yang harus diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Tanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek adalah pengerjaan menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada beberapa aspek kunci untuk taktik merek yang tepat sasaran:
– Strategi produk Produk yaitu jantung dari setiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling layak dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu mewujudkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap loyal pada skor-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga ialah unsur penting dalam branding, sebab bisa menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda patut memastikan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta jenis pelanggan apa yang mau Anda tarik (ialah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk seluruh variasi pelanggan – bukan hanya mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yaitu Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek mesti bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Unsur terutamanya dalam mewujudkan merek yang berhasil merupakan menentukan bahwa produk memenuhi keperluan dan keinginan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan memaksimalkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda terlihat dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Metode Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, tetapi salah satu langkah terpenting yaitu mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten situs web, dll.).
Kecuali itu, pastikan seluruh produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meskipun mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang mengamati perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kultur perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada beberapa cara untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang menarik, dan
- menghasilkan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun relasi dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda wajib memberikan layanan bermutu tinggi dan menanggapi dengan cepat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga mesti mengambil langkah-langkah untuk menetapkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan mewujudkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana pun.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara menjualnya. Selain itu, penting juga untuk menetapkan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan meniru tutorial ini, Anda akan mempunyai kesempatan besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.