Bila Anda mau sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan kalau Anda mau menjalankannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui perihal cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga sepatutnya mempunyai gagasan yang terang perihal apa yang harus diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek adalah progres menjadikan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada sebagian aspek kunci untuk taktik merek yang efektif:
– Taktik produk Produk yaitu jantung dari setiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan keperluan audiens sasaran Anda. Anda perlu menjadikan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap loyal pada skor-nilai inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga yakni faktor penting dalam branding, karena dapat menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda patut menentukan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang ingin Anda tarik (yakni, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Selain itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk semua jenis pelanggan – bukan cuma mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yaitu Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek patut bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Elemen terutama dalam menciptakan merek yang berhasil yaitu memutuskan bahwa produk memenuhi keperluan dan keinginan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengoptimalkan strategi produk yang bagus. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda terlihat dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Cara Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menciptakan identitas bagi perusahaan Anda, tetapi salah satu langkah terpenting yaitu mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dilaksanakan dengan menetapkan tujuan dan sasaran yang terang, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman laman, dan lain-lain.).
Selain itu, pastikan semua produk Anda diberi merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda meskipun mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang mengamati perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk tradisi perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Cara Mengatasi Kesenjangan Merek Ada beberapa metode untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang menarik, dan
- menjadikan kredibilitas lewat iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun hubungan dengan pelanggan utama melalui media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda harus memberikan layanan berkualitas tinggi dan merespon dengan kencang setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga patut mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan melaksanakan ini, Anda akan menciptakan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek sungguh-sungguh penting bagi perusahaan mana malahan.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem menjualnya. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mencontoh panduan ini, Anda akan mempunyai kans besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.