Apabila Anda mau berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan seandainya Anda berkeinginan mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal tentang cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga mesti memiliki gagasan yang jelas perihal apa yang sepatutnya diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Petunjuk penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Strategi merek yaitu progres menjadikan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk merupakan jantung dari setiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling sesuai dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu menjadikan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap setia pada nilai-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga yakni faktor penting dalam branding, sebab bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda semestinya memutuskan berapa banyak yang berharap Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta variasi pelanggan apa yang berharap Anda tarik (yakni, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan sebagainya.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk seluruh macam pelanggan – bukan cuma mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yaitu Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek sepatutnya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Unsur terpenting dalam mewujudkan merek yang berhasil merupakan mempertimbangkan bahwa produk memenuhi keperluan dan keinginan pelanggan. Untuk mengerjakan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengoptimalkan strategi produk yang baik. Anda juga perlu menjadikan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda kelihatan dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Cara Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menciptakan identitas bagi perusahaan Anda, melainkan salah satu langkah secara khusus yaitu mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilakukan dengan menentukan tujuan dan target yang terang, memaksimalkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten website situs, dan sebagainya.).
Kecuali itu, pastikan seluruh produk Anda diberi merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meski mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk tradisi perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Memecahkan Kesenjangan Merek Ada beberapa metode untuk mengatasi kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menghasilkan kredibilitas lewat iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun relasi dengan pelanggan utama melalui media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda seharusnya memberikan layanan berkualitas tinggi dan merespon dengan pesat tiap-tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga wajib mengambil langkah-langkah untuk menentukan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan mengerjakan ini, Anda akan mewujudkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana malah.
Saat merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem menjualnya. Selain itu, penting juga untuk menentukan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mencontoh panduan ini, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.