Apabila Anda mau berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan jika Anda mau mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui perihal metode kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga sepatutnya memiliki gagasan yang terang tentang apa yang semestinya diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek ialah progres menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk ialah jantung dari setiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling pantas dengan keperluan audiens sasaran Anda. Anda perlu menjadikan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap loyal pada skor-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga adalah faktor penting dalam branding, sebab bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda patut menetapkan berapa banyak yang berkeinginan Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta macam pelanggan apa yang mau Anda tarik (yakni, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lainnya.).
Selain itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk segala ragam pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek ialah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek wajib bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Unsur terutama dalam menciptakan merek yang sukses yakni menetapkan bahwa produk memenuhi keperluan dan keinginan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengembangkan taktik produk yang baik. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda terlihat dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas perbuatan mereka. - Sistem Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah lebih-lebih ialah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilakukan dengan menentukan tujuan dan target yang terang, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten web situs, dsb.).
Kecuali itu, pastikan segala produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda sedangkan mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang mengamati perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menuntaskan Kesenjangan Merek Ada sebagian cara untuk mengatasi kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menciptakan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun relasi dengan pelanggan utama via media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda harus memberikan layanan berkwalitas tinggi dan merespon dengan cepat setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga semestinya mengambil langkah-langkah untuk menentukan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan menjadikan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek amat penting bagi perusahaan mana bahkan.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan metode memasarkannya. Kecuali itu, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.