Seandainya Anda berharap berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan jika Anda ingin melakukannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat membantu bisnis Anda berkembang. Anda juga wajib memiliki gagasan yang jelas perihal apa yang wajib diwakili oleh merek Anda. Sesudah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Petunjuk penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek merupakan pengerjaan mewujudkan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada beberapa aspek kunci untuk taktik merek yang efektif:
– Taktik produk Produk yakni jantung dari tiap-tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling pantas dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap setia pada poin-nilai inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga adalah elemen penting dalam branding, sebab bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda harus memutuskan berapa banyak yang berkeinginan Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta variasi pelanggan apa yang berharap Anda tarik (yakni, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lainnya.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk semua tipe pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek adalah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek sepatutnya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Unsur lebih-lebih dalam mewujudkan merek yang sukses yaitu mempertimbangkan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan kemauan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami target pasar Anda dan memaksimalkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu menciptakan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda terlihat dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas tindakan mereka. - Sistem Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menjadikan identitas bagi perusahaan Anda, tetapi salah satu langkah terutamanya adalah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan mempertimbangkan tujuan dan target yang terang, mengoptimalkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman web, dan lain-lain.).
Kecuali itu, pastikan segala produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda meski mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk adat istiadat perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menuntaskan Kesenjangan Merek Ada beberapa cara untuk memecahkan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun relasi dengan pelanggan utama melewati media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda mesti memberikan layanan berkwalitas tinggi dan merespons dengan pesat tiap-tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga seharusnya mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan mengerjakan ini, Anda akan menghasilkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek amat penting bagi perusahaan mana malah.
Saat merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara menjualnya. Selain itu, penting juga untuk menentukan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mengikuti tutorial ini, Anda akan mempunyai kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.