Apabila Anda berharap berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan kalau Anda ingin mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga semestinya memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang mesti diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek yakni cara kerja menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens sasaran Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang efektif:
– Taktik produk Produk adalah jantung dari tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling pantas dengan kebutuhan audiens sasaran Anda. Anda perlu menjadikan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten loyal pada nilai-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa perihal pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga ialah faktor penting dalam branding, karena dapat membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda harus mempertimbangkan berapa banyak yang ingin Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang ingin Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dsb.).
Selain itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk segala ragam pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yaitu Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek mesti bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Unsur terpenting dalam mewujudkan merek yang sukses adalah mempertimbangkan bahwa produk memenuhi keperluan dan kemauan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengembangkan strategi produk yang baik. Anda juga perlu mewujudkan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda menonjol dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas tindakan mereka. - Metode Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk mewujudkan identitas bagi perusahaan Anda, tetapi salah satu langkah terlebih yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilaksanakan dengan mempertimbangkan tujuan dan sasaran yang jelas, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten website web, dan lain-lain.).
Kecuali itu, pastikan seluruh produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda padahal mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang memandang perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk tradisi perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada beberapa sistem untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- mewujudkan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun hubungan dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda seharusnya memberikan layanan bermutu tinggi dan merespons dengan pesat setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga harus mengambil langkah-langkah untuk memutuskan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan mengerjakan ini, Anda akan menjadikan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana pun.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara memasarkannya. Kecuali itu, penting juga untuk menetapkan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan meniru panduan ini, Anda akan mempunyai peluang besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.