Seandainya Anda berharap sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda mau menjalankannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang sistem kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu bisa menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga wajib memiliki gagasan yang terang tentang apa yang seharusnya diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Pertanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Taktik merek adalah proses menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini perihal memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada sebagian aspek kunci untuk taktik merek yang efektif:
– Strategi produk Produk yaitu jantung dari tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling pantas dengan keperluan audiens target Anda. Anda perlu menghasilkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap loyal pada nilai-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga yaitu unsur penting dalam branding, karena dapat membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda patut memutuskan berapa banyak yang berkeinginan Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta variasi pelanggan apa yang mau Anda tarik (yaitu, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lain-lain.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk semua ragam pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek ialah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek mesti bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Elemen lebih-lebih dalam menciptakan merek yang sukses adalah memastikan bahwa produk memenuhi keperluan dan kemauan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengoptimalkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu menciptakan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda tampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Cara Membikin Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak cara untuk menciptakan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah secara khusus adalah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilakukan dengan menentukan tujuan dan sasaran yang jelas, mengembangkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten situs website, dan sebagainya.).
Kecuali itu, pastikan semua produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda walaupun mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang mengamati perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin melihatnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk adat istiadat perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Metode Mengatasi Kesenjangan Merek Ada sebagian metode untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menghasilkan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun kekerabatan dengan pelanggan utama melalui media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda wajib memberikan layanan bermutu tinggi dan menanggapi dengan cepat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga patut mengambil langkah-langkah untuk mempertimbangkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan melakukan ini, Anda akan menciptakan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana malahan.
Saat merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan metode memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan meniru panduan ini, Anda akan mempunyai peluang besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.