Seandainya Anda berkeinginan sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda berharap melaksanakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga seharusnya memiliki gagasan yang terang seputar apa yang harus diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Petunjuk penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Strategi merek merupakan cara kerja menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Strategi produk Produk yaitu jantung dari tiap-tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling pantas dengan kebutuhan audiens target Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap setia pada skor-nilai inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa tentang pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara efektif dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga yaitu elemen penting dalam branding, karena dapat menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda semestinya mempertimbangkan berapa banyak yang berkeinginan Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang berharap Anda tarik (ialah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lain-lain.).
Selain itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk seluruh jenis pelanggan – bukan hanya mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek semestinya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Unsur lebih-lebih dalam mewujudkan merek yang berhasil merupakan menetapkan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk menjalankan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengoptimalkan taktik produk yang bagus. Anda juga perlu menjadikan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda terlihat dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini bisa mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas tindakan mereka. - Sistem Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menciptakan identitas bagi perusahaan Anda, namun salah satu langkah lebih-lebih adalah mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dikerjakan dengan memutuskan tujuan dan target yang terang, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten web website, dll.).
Kecuali itu, pastikan segala produk Anda diberikan merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda sedangkan mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang mempunyai merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan bagus sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk adat istiadat perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Cara Menuntaskan Kesenjangan Merek Ada sebagian sistem untuk menuntaskan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menghasilkan kredibilitas melalui iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun relasi dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda patut memberikan layanan berkualitas tinggi dan merespon dengan cepat setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga patut mengambil langkah-langkah untuk menetapkan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan mengerjakan ini, Anda akan menghasilkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana malah.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara memasarkannya. Selain itu, penting juga untuk menentukan bahwa identitas perusahaan konsisten dengan merek.
Dengan mencontoh tutorial ini, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.