Seandainya Anda berharap sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan bila Anda berkeinginan mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda ketahui perihal cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga patut memiliki gagasan yang jelas seputar apa yang mesti diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang efektif.
Petunjuk penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek merupakan cara kerja menjadikan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini seputar memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada sebagian aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk yaitu jantung dari tiap bisnis yang sukses, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling cocok dengan keperluan audiens sasaran Anda. Anda perlu menciptakan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap loyal pada nilai-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Strategi penetapan harga Harga merupakan elemen penting dalam branding, karena bisa menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda sepatutnya menentukan berapa banyak yang ingin Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta macam pelanggan apa yang berkeinginan Anda tarik (adalah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lainnya.).
Selain itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk semua jenis pelanggan – bukan cuma mereka yang memiliki uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek mesti bisa diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk hal yang demikian.
Faktor khususnya dalam menciptakan merek yang sukses yakni memutuskan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Untuk melaksanakan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengoptimalkan taktik produk yang baik. Anda juga perlu mewujudkan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda nampak dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga bisa menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas tindakan mereka. - Sistem Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak sistem untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, tapi salah satu langkah lebih-lebih merupakan mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini dapat dilaksanakan dengan menentukan tujuan dan target yang terang, mengembangkan logo dan strategi branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten laman web, dll.).
Kecuali itu, pastikan seluruh produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan menolong orang mengingat siapa Anda padahal mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih berhasil, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang bisa menyebabkan kesenjangan ini, termasuk kebiasaan perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Cara Mengatasi Kesenjangan Merek Ada sebagian cara untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengoptimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan cara yang menarik, dan
- menghasilkan kredibilitas melalui iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Selain itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun hubungan dengan pelanggan utama melalui media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga kekerabatan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda semestinya memberikan layanan berkwalitas tinggi dan merespons dengan kencang tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga harus mengambil langkah-langkah untuk memutuskan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan menciptakan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek benar-benar penting bagi perusahaan mana pun.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan sistem menjualnya. Kecuali itu, penting juga untuk memutuskan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan mempunyai peluang besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.