Kalau Anda ingin berhasil sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan seandainya Anda berharap melakukannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal tentang sistem kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga wajib mempunyai gagasan yang terang seputar apa yang semestinya diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Tanda penting untuk memikirkan merek terbaik
Taktik merek Taktik merek adalah progres menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini perihal memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan metode yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara tepat sasaran. Ada beberapa aspek kunci untuk taktik merek yang tepat sasaran:
– Strategi produk Produk adalah jantung dari tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling layak dengan keperluan audiens sasaran Anda. Anda perlu menjadikan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil tetap setia pada skor-skor inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa seputar pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga yakni unsur penting dalam branding, karena dapat menolong menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda wajib memastikan berapa banyak yang ingin Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta ragam pelanggan apa yang ingin Anda tarik (adalah, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dan lain-lain.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda relatif murah untuk seluruh tipe pelanggan – bukan cuma mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek yakni Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek sepatutnya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan dapat mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Elemen terutamanya dalam mewujudkan merek yang berhasil adalah memastikan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengoptimalkan taktik produk yang baik. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan membantu Anda terlihat dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat mempunyai konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau sanksi finansial atas tindakan mereka. - Sistem Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, melainkan salah satu langkah secara khusus yakni mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilakukan dengan memastikan tujuan dan sasaran yang jelas, memaksimalkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang terang (seperti brosur, konten website website, dsb.).
Kecuali itu, pastikan segala produk Anda dikasih merek dengan nama atau frasa yang mudah diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda meski mereka tak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Sebagian orang melihat perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak elemen yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk tradisi perusahaan, taktik pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menuntaskan Kesenjangan Merek Ada beberapa sistem untuk menyelesaikan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan mengembangkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menghasilkan kredibilitas melewati iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau fokus membangun hubungan dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga relasi pelanggan yang kuat, perusahaan Anda semestinya memberikan layanan bermutu tinggi dan merespon dengan cepat tiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga sepatutnya mengambil langkah-langkah untuk menentukan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan cuma pelanggan lain.
Dengan menjalankan ini, Anda akan menjadikan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek betul-betul penting bagi perusahaan mana malahan.
Ketika merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan cara menjualnya. Selain itu, penting juga untuk memutuskan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan mempunyai peluang besar untuk menempuh kesuksesan dalam branding dan pemasaran.