Bila Anda mau sukses sebagai bisnis, Anda perlu membangun merek yang hebat. Dan seandainya Anda berharap mengerjakannya, Anda perlu memahami dasar-dasar branding. Inilah yang perlu Anda kenal seputar cara kerja merek Anda, dari mana asalnya, dan bagaimana hal itu dapat menolong bisnis Anda berkembang. Anda juga patut mempunyai gagasan yang jelas seputar apa yang wajib diwakili oleh merek Anda. Setelah Anda memahami dasar-dasar ini, saatnya untuk kerja keras: membangun merek yang tepat sasaran.
Pedoman penting untuk memikirkan merek terbaik
Strategi merek Strategi merek yaitu pengerjaan menciptakan merek yang akan diingat dan dikagumi oleh pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini tentang memahami audiens target Anda, membangun fondasi yang kuat, dan memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang memungkinkan Anda menjangkau mereka secara efektif. Ada beberapa aspek kunci untuk strategi merek yang tepat sasaran:
– Taktik produk Produk merupakan jantung dari tiap bisnis yang berhasil, dan penting untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang paling cocok dengan kebutuhan audiens target Anda. Anda perlu mewujudkan lini produk inovatif yang melayani sebanyak mungkin orang sambil konsisten setia pada skor-poin inti dan cita-cita Anda.
Dan jangan lupa perihal pemasaran – pastikan pesan Anda dikomunikasikan secara tepat sasaran dan efisien untuk menarik perhatian konsumen.
– Taktik penetapan harga Harga merupakan elemen penting dalam branding, karena bisa membantu menarik pelanggan atau menjauhkan mereka dari produk atau layanan. Anda semestinya menentukan berapa banyak yang mau Anda kenakan untuk produk dan layanan Anda, serta macam pelanggan apa yang berharap Anda tarik (merupakan, konsumen berpenghasilan rendah, konsumen arus utama, dll.).
Kecuali itu, pastikan harga Anda terjangkau untuk seluruh macam pelanggan – bukan cuma mereka yang mempunyai uang di muka.
Identitas Produk Merek
- Merek adalah Simbol yang mewakili identitas dan misi perusahaan.
Sebuah merek semestinya dapat diidentifikasi dan terpisah dari pesaingnya sehingga pelanggan bisa mengingat dan mempercayai produk tersebut.
Elemen secara khusus dalam menjadikan merek yang berhasil yakni memastikan bahwa produk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk mengerjakan ini, Anda perlu memahami sasaran pasar Anda dan mengembangkan strategi produk yang bagus. Anda juga perlu menghasilkan identitas merek yang kuat yang akan menolong Anda menonjol dari pesaing Anda. - Pencurian Identitas Merek Anda.
Penting untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Pencurian ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi korban dan pelaku. Karir para korban mungkin hancur, serta reputasi mereka ternoda. Pelaku juga dapat menghadapi tuntutan pidana atau hukuman finansial atas perbuatan mereka. - Cara Membuat Identitas untuk Merek Anda.
Ada banyak metode untuk menghasilkan identitas bagi perusahaan Anda, tetapi salah satu langkah terlebih merupakan mengidentifikasi apa yang diperjuangkan perusahaan Anda. Ini bisa dilakukan dengan menetapkan tujuan dan sasaran yang terang, memaksimalkan logo dan taktik branding, dan menulis materi pemasaran yang jelas (seperti brosur, konten situs laman, dll.).
Kecuali itu, pastikan segala produk Anda diberi merek dengan nama atau frasa yang gampang diingat, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda sedangkan mereka tidak membeli produk Anda!
Konsep penting bagi perusahaan yang memiliki merek
1. Kesenjangan merek Ada perbedaan yang signifikan dalam persepsi merek yang berbeda. Beberapa orang memperhatikan perusahaan dengan merek yang terdefinisi dengan baik sebagai lebih sukses, sementara yang lain mungkin memandangnya kurang bereputasi. Ada banyak unsur yang dapat menyebabkan kesenjangan ini, termasuk tradisi perusahaan, strategi pemasaran, dan lini produk.
2. Sistem Menyelesaikan Kesenjangan Merek Ada beberapa cara untuk memecahkan kesenjangan antara merek perusahaan dan persepsi pelanggannya:
- dengan memaksimalkan identitas merek yang kuat,
- memposisikan produk dan layanan Anda dengan sistem yang menarik, dan
- menghasilkan kredibilitas via iklan dari mulut ke mulut dan pemasaran konten.
Kecuali itu, Anda dapat menargetkan segmen pasar tertentu dengan kampanye pemasaran bertarget atau konsentrasi membangun relasi dengan pelanggan utama lewat media sosial atau saluran lainnya.
3. Peran Layanan Pelanggan Untuk menjaga hubungan pelanggan yang kuat, perusahaan Anda patut memberikan layanan berkualitas tinggi dan merespons dengan kencang setiap pertanyaan pelanggan.
Anda juga semestinya mengambil langkah-langkah untuk memutuskan bahwa pelanggan Anda merasa prioritas-satu dengan perusahaan Anda dan bukan hanya pelanggan lain.
Dengan melakukan ini, Anda akan mewujudkan citra merek yang positif dan meningkatkan kemungkinan pelanggan kembali. Memikirkan dan membangun merek sangat penting bagi perusahaan mana malahan.
Dikala merancang sebuah merek, penting untuk memikirkan produk itu sendiri dan metode menjualnya. Selain itu, penting juga untuk menetapkan bahwa identitas perusahaan tetap dengan merek.
Dengan mencontoh tutorial ini, Anda akan mempunyai peluang besar untuk mencapai kesuksesan dalam branding dan pemasaran.